Cara Agar Android Tidak Lemot Saat di Gunakan

Cara Agar Android Tidak Lemot, Berbicara mengenai smartphone tentu kita tidak akan lepas dari yang namanya android. Ya, android merupakan sistem operasi mobile yang sangat populer saat ini dan menjadi pesaing dari iOS besutan apple. Android sendiri dikembangkan oleh perusahaan terkenal yakni google dan telah meluncurkan berbagai versi sampai yang terbaru saat ini adalah android 8.0 atau oreo dan yang akan keluar lagi yaitu android "P".

Android menawarkan berbagai macam fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh sistem operasi mobile lainnya. Namun dibalik segudang fitur yang dimiliki oleh android tentu memiliki sebuah kekurangan yang sering dialami oleh para penggunanya, yakni android lemot.

cara agar android tidak lemot

Disaat kita sedang asik-asiknya menggunakan smartphone android tersebut, tiba-tiba mengalami lemot, crash, dan bahkan hang. Tentu ini akan membuat kita khawatir dan ingin segera mengganti hp. Namun agan tidak perlu se khawatir itu karena agan harus membaca bagaiman cara agar android tidak lemot saat digunakan untuk beraktivitas di android tersebut.

Pada artikel ini saya sudah menyiapkan tips supaya android tidak lemot saat digunakan baik bersosial media maupun bermain game dan aktivitas lainnya sehingga kita tetap nyaman dalam menggunakan hp android, silahkan simak tips berikut ini.

Cara agar android tidak lemot saat digunakan


1. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan


Tips pertama yang harus agan lakukan supaya android tidak lemot adalah menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Ya aplikasi-aplikasi tersebut sangat berpengaruh terhadap media penyimpanan agan. Jika media penyimpanan seperti memori internal kepenuhan tentu ini akan membuat android bekerja lebih lambat dari normalnya. Untuk itu agan perlu melakukan tindakan dengan menghapus atau uninstall aplikasi-aplikasi baru maupun lama yang sudah tidak agan gunakan dalam jangka waktu yang lama supaya membuat memori internal menjadi lega dan bisa mendapatkan performa maksimal kembali.

2. Tutup aplikasi yang berjalan di latar belakang / recent aplikasi


Tips mengatasi android lemot selanjutnya adalah dengan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang atau menutup recent aplikasi. Saat menggunakan android untuk bersosial media, bermain game, maupun membuka aplikasi lainnya lalu agan menutup aplikasi tersebut maka aplikasi itu akan berada di recent apps atau berjalan di latar belakang. Hal ini tentu akan membuat RAM harus bekerja lebih berat lagi menampung aplikasi yang berjalan tersebut. Nah, untuk itu sebaiknya nih agan tutup saja aplikasi tersebut yang berjalan di latar belakang supaya tidak mengganggu kinerja RAM sehingga bebannya bisa menjadi lebih ringan lagi.Cara menutupnya agan tinggal sentuh tombol recent apps lalu tutup aplikasi yang tidak digunakan.

3. Bersihkan cache aplikasi / sampah aplikasi


Untuk meningkatkan performa android tidak cukup dengan dua tips diatas tentu agan harus menghapus file sampah yang ada pada android agan. Darimana datangnya file sampah tersebut ? dari hasil-hasil membuka aplikasi yang agan gunakan baik game maupun aplikasi lainnya sehinggga sisa-sisa cache atau file sampahnya akan tersimpan di memori internal. Selain memperlambat kinerja android agan, cache ini juga akan memperkecil ruang penyimpanan pada memori internal agan karena semakin banyak tumpukan file cache aplikasi maka akan semakin banyak ruang yang dihabiskan. Untuk itu agan perlu membersihkan cache aplikasi ini secara berkala seperti seminggu sekali atau 2 hari sekali.

Untuk membersihkan file sampah ini agan cukup menggunakan aplikasi pembersih bawaan dari android karena kebanyakan android sudah difasilitasi dengan permbersih bawaan atau kalau tidak puas agan juga bisa menggunakan aplikasi pembersih yang bisa di download di playstore seperti ccleaner dan lain-lain.

4. Lakukan update pada ROM sistem ke yang terbaru


Setiap hp android pasti menggunakan sistem yang berbeda-beda seperti xiaomi dengan MIUInya, serta Oppo dengan Color Os nya, untuk itu jika ada pembaruan dari rom android tersebut sebaiknya agan update saja secepatnya karena memang tujuan dari pembaruan adalah memperbarui dan memperbaiki bug-bug yang ada pada android tersebut sehingga membuat performa android tidak lemot lagi dan lancar saat digunakan beraktivitas ringan maupun berat. Selain itu mengupdate rom sistem ke yang paling baru juga berpeluang mendapatkan update OS android yang terbaru seperti rom miui 10 yang akan keluar dengan update OS android 8.0 alias Oreo. Begitu juga dengan rom sistem hp android lainnya.

Baca juga: Tips merawat smartphone supaya kondisinya stabil dan bersih

Nah itu beberapa cara agar android tidak lemot saat digunakan baik untuk aktivitas ringan maupun berat pada hp android. Jika agan menerapkan tips diatas maka akan membantu android agan menjadi fresh dan terhindar dari lemot, hang, maupun crash. Saya sendiri sering melakukan tips diatas sehingga android saya sampai saat ini performanya tetap normal dan stabil.

Oke cukup sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan kali ini semoga apa yang agan baca dapat menambah wawasan mengenai hp android. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

2 Komentar untuk "Cara Agar Android Tidak Lemot Saat di Gunakan"

  1. Betul, info tipsnya diatas.
    Terutama wajib rajin membersihkan chache, karena banyaknya chache bikin kerja ponsel jadi melambat.

    Selain itu, ngga banyak menginstall aplikasi yang dirasa ngga penting-penting amat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, terima kasih telah berkunjung

      Hapus

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel