Pengertian Motherboard Beserta Fungsi Dan Bagian-Bagiannya

Pengertian motherboard beserta fungsi dan bagian-bagiannya - Motherboard adalah selembar plastik yang menampung semua sirkuit untuk menghubungkan berbagai komponen sistem komputer. Pada kesempatan ini kita akan mempelajari pengertian motherboard, serta bagaimana fungsi motherboard membuat semua komponen lainnya bekerja sama.

pengertian motherboard


Pengertian motherboard


Kalau kita perhatikan arti setiap kata yakni mother = ibu (induk), board = papan, jadi dapat kita seimpulkan bawah Motherboard adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah sistem komputer. Motherboard menyatukan banyak komponen penting komputer, termasuk unit pemrosesan (CPU), memori dan konektor utama untuk perangkat input dan output. Dasar motherboard terdiri dari lembaran bahan non-konduktif yang sangat tegas, biasanya semacam plastik kaku. Lapisan tipis tembaga atau aluminium foil, yang disebut sebagai bekas , dicetak ke lembaran ini. Jejak ini sangat sempit dan membentuk sirkuit antara berbagai komponen. Selain sirkuit, motherboard berisi sejumlah soket dan slot untuk menghubungkan komponen lainnya.

Bagian dari Motherboard


Jika Agan membuka komputer Agan dan mengeluarkan motherboard, Agan mungkin akan sangat bingung dengan semua bagian yang berbeda. Bergantung pada model komputer yang agan pakai, mungkin terlihat asing bagi agan yang baru mengenal motherboard.

Untuk memahami bagaimana komputer bekerja, Agan tidak perlu mengetahui setiap bagian dari motherboard. Namun, ada baiknya mengetahui beberapa bagian yang lebih penting dan bagaimana motherboard menghubungkan berbagai komponen sistem komputer secara bersamaan. Berikut adalah beberapa bagian yang penting dari motherboard:

  • Soket CPU - CPU sebenarnya langsung disolder ke soket. Karena CPU dengan kecepatan tinggi menghasilkan banyak panas, ada heat sink dan titik pemasangan untuk kipas tepat di samping soket CPU.
  • Konektor daya untuk mendistribusikan daya ke CPU dan komponen lainnya.
  • Slot untuk memori utama sistem, biasanya dalam bentuk chip DRAM.
  • Sebuah chip membentuk sebuah antarmuka antara CPU, memori utama dan komponen lainnya. Pada banyak jenis motherboard, ini disebut sebagai Northbridge. Chip ini juga berisi heat sink yang besar.
  • Chip kedua mengontrol fungsi input dan output (I / O). Ini tidak terhubung langsung ke CPU tapi ke Northbridge. Kontroler I / O ini disebut sebagai Southbridge. Gabungan Northbridge dan Southbridge disebut sebagai chipset .
  • Beberapa konektor, yang menyediakan antarmuka fisik antara perangkat input dan output dan motherboard. Southbridge menangani koneksi ini.
  • Slot untuk satu atau lebih hard drive untuk menyimpan file. Jenis koneksi yang paling umum adalah Integrated Drive Electronics (IDE) dan Serial Advanced Technology Attachment (SATA).
  • Chip memori hanya (ROM), yang berisi firmware, atau petunjuk startup untuk sistem komputer. Ini juga disebut BIOS.
  • Slot untuk video atau kartu grafis. Ada sejumlah jenis slot yang berbeda, termasuk Accelerated Graphics Port (AGP) dan Peripheral Component Interconnect Express (PCIe).
  • Slot tambahan untuk menghubungkan perangkat keras dalam bentuk slot Peripheral Component Interconnect (PCI). 


Baca juga: Cara melindungi komputer dari virus

Tentu ada banyak akronim yang bisa digunakan! Jangan terlalu khawatir untuk mencoba mengingat semua bagian dan akronimnya. Kuncinya adalah mengingat bahwa motherboard berisi unit pengolah pusat, memori, dan semua konektor ke bagian perangkat keras sistem komputer lainnya.

0 Response to "Pengertian Motherboard Beserta Fungsi Dan Bagian-Bagiannya"

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel