Apa Itu Keyword Density ? Dan Berapa Persen Keyword Density Yang Ideal ?

Apa itu keyword density ? Hal ini mungkin menjadi pertanyaan bagi agan yang baru belajar SEO atau yang ingin mendalami SEO karena keyword density merupakan salah satu dari 200+ faktor SEO dan merupakan bagian dari SEO on page.

Lalu apa pengertian keyword density ?


apa itu keyword density

Keyword density merupakan jumlah atau pengulangan kata kunci yang ada di dalam sebuah artikel. Pengulangan kata kuci sering dilakukan oleh para blogger di dalam artikelnya untuk memenangkan persaingan di mesin pencari terutama google. Pengulangan kata kunci ini berfungsi untuk menguatkan artikel dengan kata kunci yang sudah ditarget sehingga tidak mudah tergeser dan oleh web pesaing.

Namun penggunaan keyword density yang terlalu berlebihan justru akan berdampak buruk pada artikel sehingga bisa mengakibatkan artikel yang dibuat dengan menaruh pengulangan kata kunci yang berlebihan akan di kucilkan dan juga diberi penalty oleh google karena dianggap artikel spam.

Lalu berapa persen keyword density yang ideal dalam sebuah artikel ?


Untuk jumlah pengulangan kata kunci, google sendiri tidak menyebutkan minimal dan maksimalnya berapa. Tetapi menurut para pakar SEO yang sudah saya baca di berbgai sumber baik dalam maupun luar negeri penggunaan keyword density berkisar 0.5% - 2 %. Namun tentu saja ini bukan menjadi sebuah patokan yang mutlak. Keputusan penentuan keyword density berada di tangan para penulis sendiri bagaimana para blogger bisa menyesuaikan jumlah persenan keyword dengan artikel yang ditulis sehingga bacaannya tidak amburadul.

Baca juga: Faktor yang mempengaruhi posisi blog di google

Bagaimana cara menghitung keyword density ?


Untuk rumus keyword density bisa kita hitung dengan membagi jumlah keyword yang diulang dengan jumlah kata lalu di kali 100. (Jumlah keyword / jumlah kata x 100).

Misalnya agan membuat sebuah artikel dengan jumlah kata 1000, kemudian mengulang kata kunci sebanyak 10 kali, maka 10/1000 x 100 = 1. Jadi keyword density untuk 1000 kata dengan pengulangan keyword sebanyak 10 kali adalah 1 %, apakah ini ideal ?

Namun bagi pengguna wordpress tak perlu lagi menghitung manual karena sudah ada plugin SEO Yoast yang langsung mendeteksi berapa persen keyword density yang ada dalam artikel tersebut. minimal 0,5 % keyword density supaya lampu di yoast menjadi hijau.

Tetapi dibalik penggunaan keyword density, hal yang paling penting yang perlu sobat perhatikan adalah kenyamanan pembaca. Jangan biarkan patokan keyword density merusak kualitas bacaan artikel agan karena konten itu ibarat raja, kalau disukai pembaca maka otomatis disukai oleh mesin pencari.

Demikian sharing-sharing mengenai pengertan keyword density pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATISS !!

0 Response to "Apa Itu Keyword Density ? Dan Berapa Persen Keyword Density Yang Ideal ?"

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel