Pengalaman: Suka Duka di Dunia Blogging

suka duka di dunia blogging

Aku pertama kali mengenal dunia IM (internet marketing)  lewat seorang teman jarak jauhku, aku mengenalnya lewat sosial media. Ceritaku dimulai jauh sebelum aku mengenal dunia IM saat itu tepatnya 4  tahun yang lalu aku diperkenalkan dengan blog oleh seorang teman sekelas ku. Pikirku saat itu adalah bisa menjadi seorang penulis terkenal dan bisa membagikan aspirasiku ke semua orang lewat tulisan. Namun aku masih bingung bagaimana cara menggunakan blog,  tapi setelah berbincang-bincang dan sharing pengetahuan dengan temanku aku akhirnya mengerti cara menggunakan blog.

Setelah mengenal dan mengatahui cara menggunakan blog saat itu aku mulai menerbitkan artikel pertamaku, entah aku lupa dengan judulnya. Waktu terus berlalu aku hanya menerbitkan tiga artikel tulis tangan dan saat itupun aku cepat bosan. Aku kemudian membuka blog temanku dan ternyata artikel yang diposting sangat banyak. Keesokan harinya aku kemudian bertanya mengapa dia begitu leluasanya untuk membuat artikel sebanyak itu padahal bagiku itu sangat membosankan. “gan, artikel ente kok banyak sekali ya ? emang ente gak bosan apa nulis sebanyak itu ?, “ah buat artikel seperti itu mah gampang om” jawabnya. “lah caranya ?” tanyaku, “ ente tinggal copas aja di blog orang lain, gampang kan ? jadi ente gak perlu susah-susah untuk membuat artikel “, “ oh gitu ya “ pikirku yang begitu polos dan belum tau luas dengan dunia blogging dengan sangat mudah meyerap perkataan temanku tersebut, sebenarnya sih temanku juga pada saat itu sama dengaku belum terlalu jauh mengenal dunia blogging terutama copas artikel orang lain, sungguh itu suatu perbuatan yang  ah sangat jijik. Bisa dibayangkan jika artikel kita dicopas orang pasti perasaan kita akan sangat booom!!!! Luar biasa.

Namun yang namanya masih bocah alias newbie belum tau apa-apa apapun aku kerjakan padahal saat itu untuk menulis pun aku sangat kesulitan terlebih saat membuat artikel pertamaku. Hari demi hari terus aku lewati dan tak terasa aku dan temanku berlomba lomba memperbanyak artikel hasil copas (kopi + pastel) untuk di posting di blog. Aku sangat bersemangat sampai-sampai hari-hariku ku isi dengan kegitan itu, aku membuat banyak blog lalu aku isi copas artikel publish dan begitu seterusnya. Namun, lama kelamaan aku mulai bosan dengan kegiatan yang ku lakukan tersebut dan akhirnya aku memutuskan untuk behenti melakukan kegiatan itu begitupun dengan temanku yang lebih dulu bosan dengan kegiatan yang kami lakukan.

Dalam waktu beberapa bulan tepatnya sekitaran 8 bulan, aku mencoba kembali melakukan kegiatan blogging namun kali ini tujuanku pastinya berbeda, aku ingin membuat artikel sendiri, original tulisan ku dan dari ideku sendiri demi  mewujudkan impianku dikenal banyak orang lewat tulisan. Aku mulai membuat blog kemudian menulis artikel mengedit blog ini itu dan hal tersebut ku ulangi setiap, namun nampaknya kebiasan masa lalu untuk copas artikel orang lain belum hilang pada diriku, aku sesekali, dua kali, tiga kali, empat kali, n kali mencoba untuk copas artikel dan booooooom !! aku mulai bosan kembali dan meninggalkan kegiatan tersebut selama 6 bulan.

Pada bulan keenam saat itu disiang hari yang sunyi dan sepi dan ditemani segelas es segar aku duduk  sambil main online di media sosial, tiba tiba saja clingg!!! Suara pesan berbunyi, “hmm nampaknya ada seseorang yang mengirimkanku pesan “ aku penasaran dengan isi pesan tersebut, kubuka pelan-pelan dan ternyata isinya adalah “ tawaran kerjasama untuk menjadi blogger “ wow fantastik ada orang yang mengajakku untuk kerjasama. Ia adalah temanku di sosial media, setiap hari aku selalu melakukan komunikasi dengannya, akhirnya aku menerima tawaran tersebut, dan disitulah awal mula aku mengenal dunia Internet Marketing. Temankun menjelaskan padaku “ mau kerjasama jadi blogger gak ?, nanti kita bisa dapat uang “, “ serius vroh ? gimana caranya “, “ gampang lu nulis dulu nanti kalo banyak pengunjung kita pasang iklan dan dapat uang “, wow hatiku sangat bersemangat sekali mendengar kata uang. Mulai saat itu hari hariku dipenuhi dengan kegiatan menulis namun kali ini aku benar benar menulis original dan sudah tidak lagi melakukan copas artikel orang lain.

Hari demi hari ku lewati bersama temanku untuk menulis artikel di blognya, khayalan demi khayalan ku lewati andai nanti dapat uang mau beli apa, pikirku ini dan itu serasa khayalan tingkat dewa. Setelah sangat lama aku dan temanku menulis di blog namun apa yang terjadi,  hal yang aku inginkan tak kunjung juga ku  dapatkan, pembaca masih saja sepi di blog. “vroh kok masih sepi yang baca ya ? “ tanyaku, “sabar aja gan nanti juga rame terus aja menulis “. Aku menulis terlalu lama dan membuang waktu yang banyak namun tak kunjung juga menghasilkan uang, aku mulai putus asa dan berhenti ngeblog. 

Singkat cerita, pada saat itu tak sengaja ku melihat salah seorang teman sosmedku memperlihatkan penghasilannya lewat sosmed, semnagatku mulai bangkit dan akhirnya aku memutuskan untuk menjadi penulis lagi, dan kini aku mulai merasakan dampak dan efek dari kegiatan yang aku lakukan sebelumnya menulis bukan lagi sebagai kegiatan semata, kegiatan untuk menghasilkan uang, tetapi kini menulis menjadi sebuah hobi dalam diriku, kini aku merasa sangat bebas dan ringan untuk menuangkan segala ide yang aku punya. Aku memulai semuanya dari awal, membangun blog baru, membeli domain  dan muali petualangan baru di dunia blogging. Banyak hal yang ku dapatkan seperti teman baru, forum baru, grup baru, banyak yang mengenalku lewat tulisan pada saat itu, aku sering sharing pengalaman dengan teman-teman baruku, wah rasanya sangat menyenangkan sekali hobi yang satu ini.

Terlepas dari hobi aku mulai  berpikir untuk menghasilkan uang lewat blog, dan aku memutuskan bekerja sama dengan salah satu penyedia iklan. Petualangan baruku dimulai, badai dan rintangn yang menghadang serta cobaan yang begitu besar kualami dalam menjalani kegiatan blogging, rasa semangat, lemah, putus asa, semangat lagi, semuanya kulewati dan sampai pada puncaknya hal yang aku tunggu-tunggu datang juga dan ter realisasikan yakni menerima gaji pertama dari hobiku yang satu ini. Duh rasanya sangat menyenangkan sekali, terbayang 1 tahun aku bergelut di dunia blogging dan tepat pada tahun ke 1 ngeblog aku bisa merasakan hasilnya, sunggu pencapaian yang luar biasa menurutku.

Namun aku tau perjalanan tak akan berhenti sampai disini, akan ada banyak rintangan yang sudah menunggu di depan, menghadapi persaingan, aturan-aturan baru dan masih banyak lagi tantangan dan rintangan kedepan, dengan gajian pertama aku mulai membuka mata dan menyiapkan mental menghadapi rintangan  yang menghadang di depan. Karena aku tau jika aku melakukannya karena hobi maka rintangan tersebut bukan berarti apa-apa bagiku karena perkejaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

“apapun yang kita lakukan, lakukanlah dengan ikhlas dan serius karena hal itu akan mendatangkan sesuatu yang besar dan berharga bagi kita”.

Hi gan, perkenalkan saya FYAN admin blog ini, hobi blogging, utak atik perangkat pc dan hp, ane juga hobi ngeGame, Ingin berteman ? silahkan add ane di facebook gan.

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.
EmoticonEmoticon