Cara melindungi komputer dari virus

Cara melindungi komputer dari virus - Dengan jutaan pengguna komputer yang menjelajahi web pada waktu tertentu, ada banyak sekali target bagi para coders berbahaya yang senantiasa bisa menyisipkan berbagai file berbahaya ke komputer kita. Sementara para ahli komputer tidak selalu tahu mengapa coders memilih untuk membangun program komputer yang berbahaya, faktanya adalah bahwa hal itu terjadi setiap saat. Virus komputer dapat mencuri informasi pribadi, mengganggu operasi normal, melakukan spam dan bahkan mematikan hard drive komputer Agan. Melindungi komputer Agan sangat penting untuk menjaga data-data rahasia dan penting yang tersimpan pada komputer Berikut ini beberapa tips melindungi komputer dari serangan virus.

melindungi komputer dari virus

Melindungi komputer dari virus


Mulai Dengan Perlindungan Dasar

Sebagian besar sistem komputer hadir dengan fitur keamanan yang sudah ada. Misalnya, sistem operasi Windows dikemas dengan Microsoft Windows Security Center/windows firewall. Saat pertama kali membuka komputer dan melakukan proses booting, Agan harus memastikan bahwa program keamanan windows ini berfungsi. Ini akan memberikan perlindungan dasar terhadap spyware, virus dan malware. Selain itu, firewall dasar dibangun ke dalam program ini, memberikan perlindungan tambahan dan mencegah program yang berpotensi membahayakan. Setelah digunakan beberapa waktu, jangan kaget kalau sistem keamanan Agan perlu segera diupdate. Perangkat lunak yang melindungi komputer Agan memerlukan pembaruan yang teratur dan konsisten agar tetap berguna. Virus terus-menerus dihasilkan untuk itu memperbarui sistem keamanan pada komputer merupakan hal yang sangat tepat karena sistem keamanan akan terus bekerja dengan baik dan database yang ada tidak usang dan akan terus bekerja melindungi komputer agan.

Upgrade untuk Memenuhi Kebutuhan Agan

Banyak orang mengoperasikan komputer untuk waktu yang lama dengan hanya perlindungan dasar. Namun, pengguna komputer berat atau mereka yang memiliki kebiasaan browsing berisiko terkadang dapat memanfaatkan peningkatan perlindungan virus, spyware dan malware mereka, serta menggunakan firewall dengan fitur lengkap. Hal ini sangat penting jika Agan menggunakan sistem komputer berjejaring. Proteksi virus dasar atau gratis masih akan memindai dan memperbarui virus. Program berbayar, menawarkan lebih banyak fitur, termasuk kemudahan penggunaan dan fitur kenyamanan. Yang paling penting adalah bagaimana komputer agan bisa terproteksi dengan aman dan pastikan Agan mendapatkan apa yang dijanjikan. Program perlindungan virus yang paling terkenal, seperti AVG dan Norton Security, memiliki ulasan yang tersedia untuk membantu Agan menentukan pilihan Agan.

Pelajari Tentang Resiko Spyware

Spyware menciptakan risiko yang tidak diketahui banyak pengguna komputer. Jika Agan hanya melindungi dari virus, Agan bisa membiarkan komputer Agan terbuka terhadap kerusakan. Kebanyakan orang mengenal spyware yang menginisiasi dan menarik program iklan yang menyebalkan. Spyware, bagaimanapun, bisa jadi jauh lebih berbahaya juga. Kebiasaan belanja Agan bisa dilacak oleh spyware. Meski tidak berbahaya, beberapa orang menganggap ini sebagai pelanggaran privasi. Program spyware terburuk mengganggu operasi normal dan bahkan dapat melacak apa yang Agan ketik, mengirimkan informasi pribadi kepada orang-orang yang ingin mencuri identitas Agan. Beberapa spyware mengalihkan browser Agan ke berbagai alamat web, serta meningkatkan risiko infeksi virus.

Baca juga: Tips aman saat online di internet

Pelajari Bagaimana Virus Bekerja 

Perbedaan utama antara spyware dan virus adalah bagaimana penyebarannya. Virus mereproduksi dirinya sendiri dan menempel pada dokumen yang dikirim komputer, sementara spyware dapat disimpan sebagai cookie atau kode pelacakan. Virus yang paling sering ditemukan berada pada  perangkat lunak komputer, seperti dokumen, gambar atau potongan musik. Saat berurusan dengan internet agan perlu berhati-hati terutama saat mengunduh aplikasi, sebaiknya agan pastikan aplikasi tersebut sudah aman, jangan main install saja karena bisa saja aplikasi tersebut adalah virus. Tentu saja, kebanyakan orang tidak tahu mengenai hal tersebut, tapi sebaiknya pastikan web yang agan buka merupakan web terpercaya dan aman . Beberapa virus paling berbahaya sebenarnya menyamar sebagai perangkat lunak perlindungan virus, membuat mereka sangat sulit untuk dideteksi. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui program perlindungan virus Agan dan mengetahui seperti apa tampilannya dan apa skrip dan perintah normal selama operasi berlangsung. Virus melakukan beberapa hal yang sama dengan spyware; Mereka hanya mencapainya secara berbeda. Virus yang aktif dapat mencuri informasi pribadi, menghasilkan iklan atau mematikan sistem Agan, termasuk program perlindungan virus yang bisa memperbaiki masalah.

Ambil Langkah Untuk Perlindungan
Seperti apapun, cara terbaik untuk melindungi dari virus adalah dengan mempelajari pencegahan. Menjadi akrab dengan perangkat lunak berbahaya pelajari bagaimana ia menyerang. Jika Agan mendapatkan email atau diminta mendownload file yang tidak Agan kenal atau terlihat mencurigakan, sebaiknya agan skip saja langkah tersebut demi keamanan. Meneliti program perlindungan virus, spyware, malware dan firewall dan menggunakannya sepenuhnya. Atur perangkat lunak untuk memperbarui dan memindai secara otomatis untuk memastikan sistem terus dipantau. Selain itu, periksa secara teratur database yang diterbitkan oleh berbagai layanan perlindungan virus.

Demikianlah artikel mengenai cara melindungi komputer dari virus, semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi kita untuk mencegah masuknya virus ke dalam komputer, sekian dan terima kasih.

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Click to comment