Cara mengecek spesifikasi laptop dan komputer secara lengkap

Tags

Cara mengecek spesifikasi laptop secara lengkap - Mengetahui spesifikasi dari laptop atau komputer yang kita gunakan memang merupakan hal yang sangat penting. Dengan mengetahui spesifikasi laptop yang kita gunakan maka kita bisa meminimalisir penggunaan yang berlebihan dan membatasi penggunaan laptop atau komputer sampai batas wajarnya saja karena setiap laptop pasti mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda, nah dari spesifikasi itulah kita bisa menyesuaikan penggunaan laptop supaya tetap awet dan tidak mudah rusak. Misalnya saja agan ingin menjalankan sebuah aplikasi namun terasa berat dan tidak bisa dijalankan di laptop agan, nah untuk itu kembali lagi ke spesifikasi laptop agan. Untuk itulah perlunya agan mengetahui spesifikasi laptop yang agan pakai supaya bisa menyesuaikan dengan aplikasi yang akan agan install.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melihat spesifikasi  pada laptop atau komputer. Cara tersebut dibagi dua yakni pertama cara sederhana alias tanpa menggunakan software dan yang kedua adalah dengan menggunakan software. Cara-cara tersebut dapat agan praktikkan pada windows 7, 8, maupun windows 10 karena caranya sama.

Baca juga: #7 Tips cara merawat baterai laptop agar tetap awet dan tahan lama 

Untuk cara sederhana tanpa menggunakan aplikasi agan bisa melihat spesifikasi laptop agan tidak secara keseluruhan, hanya bagian-bagian yang penting saja seperti RAM, Processor, VGA dan lain sebagainya. Sedangkan jika dengan menggunakan aplikasi agan bisa melihat spesifikasi laptop agan sampai ke akar-akarnya. Oke langsung saja kita ke tutorialnya, silahkan simak berikut ini.

Cara melihat spesifikasi pada laptop secara lengkap

  • Klik star, kemudian arahkan pointer mouse ke menu computer kemudian klik kanan dan pilih properties (untuk windows 7), untuk windows 8 dan 10 buka windows explorer (CTRL + E ) arahkan pointer ke menu this pc kemudian klik kanan dan pilih properties. Setelah itu maka akan muncul spesifikasi laptop agan seperti pada gambar dibawah ini.

cara mengecek spesifikasi laptop

  •  Cara kedua adalah melalaui DirectX Diagnostic Tool, caranya adalah buka RUN dengan cara tekan kombinasi tombol windows + R maka akan muncul RUN, kemudian silahkan agan ketik " dxdiag " (tanpa tanda petik) lalu tekan enter. Setelah itu maka agan akan melihat spesifikasi lengkap dari laptop atau komputer agan mulai dari spesifikasi system dan display

cara mengecek spesifikasi laptop



  • Terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama CPU-Z, untuk aplikasinya bisa agan download sendiri di google (sangat banyak), saya rekomendasikan pilih saja yang portbale supaya tidak perlu di install. Oke setelah agan download aplikasinya, silahkan buka dan taraaa agan sudah bisa melihat spesifikasi terlengkap dari laptop agan.

    Berikut ini fitur-fitur utama dari CPU-Z :
    – Melacak Nama dan nomor CPU
    – Proses Core
    – Tegangan inti
    – Internal dan eksternal clocks, clock multiplier
    – Informasi L1 dan L2 cache
    – mainboard: Vendor, model dan revisi
    – Model BIOS dan tanggal
    – Chipset (Northbridge dan Southbridge) dan sensor
    – Grafis antarmuka.
    – memori: Frekuensi dan timing
    – Modul (s) spesifikasi menggunakan SPD (Serial Presence Detect): vendor, nomor seri, timing
    – Sistem Windows dan versi DirectX
    – Intel CedarTrail platform

    cara mengecek spesifikasi laptop

Baca juga: Tips memilih laptop yang berkualitas dan baik untuk digunakan 

Demikianlah cara mengecek spesifikasi laptop secara lengkap, silahkan agan coba cara tersebut. Oke cukup sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat buat agan.

Seseorang yang ingin mencari pengalaman dengan menulis artikel serta senang berbagi pengetahuan kepada sesama, Salam hangat gan

5 komentar

Sangat bermanfaat. :D Soalnya aku kurang ngerti cara cek laptop. :D

sip, thanks udah berkunjung gan :D

Cara 1 dan 2 dah mantap..tapi menurut sya pake cpu-z kurang akurat soalnya ram sya tertera 4gb padahal sbenarnya hanya 2gb :D btw nice post (y)

sangat bermanfaat tapi kalau mau detail lagi ane pernah pakai System Information di Windows Administrative Tools

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.
EmoticonEmoticon