Cara kalibrasi baterai smartphone android yang mulai lemah

Cara kalibrasi baterai hp android - halo gan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kalibrasi pada baterai hp android.  Setiap baterai baik itu di laptop maupun android ataupun baterai apa saja pasti memiliki saat dimana baterai tersebut melemah.  Hal seperti ini mungkin jadi salah satu masalah bagi sebagian pengguna terutama smartphone android dimana waktu untuk menggunakan smartphone menjadi sangat pendek padahal pada zaman modern ini hampir semua kita membutuhkan smartphone baik itu untuk belajar, bekerja,  sarana hiburan dan lain sebagainya.

kalibrasi baterai


Melemahnya baterai pada hp android disebabkan oleh berbagai faktor dan itu sangat berbahaya bagi kondisi baterai karena sebagian pengguna sering mengabaikan hal ini.

Beberapa faktor yang menyebabkan baterai melemah adalah diantaranya terlalu sering menggunakan smartphone android sambil di charge, charge terlalu berlebihan, terlalu sering menggunakan smartphone sampai daya baterainya kurang dari 15 %. Sehingga hal hal tersebutlah yang dapat membuat kondisi baterai yang semula tahan lama menjadi lemah dari keadaan normalnya.

Baca juga: #10 Tips merawat baterai smartphone android agar tetap awet

Namun bagi agan yang mengalami hal tersebut jangan ganti baerai dulu dengan yang baru,  sebenarnya ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi baterai android yang mulai melemah.  Caranya adalah dengan melalakukan kalibrasi pada baterai android agan.

Apa itu kalibrasi  ?

Kalibrasi merupakan langkah untuk mereset stats baterai android.  Dalam android ada yang namanya baterai stats yang berfungsi menunjukan persen/jumlah daya baterai dari hp android apakah penuh ataupun kosong.

Yang menjadi maslah adalah baterai stats pada android rusak sehingga data persentase yang ditampilkan untuk baterai cepat berkurang dan bahkan tiba tiba menjadi mati.  Untuk itu perlu dilakukan kalibrasi.  Berikut ini cara kalibrasi baterai hp android.

Cara 1

  • Silahkan charge hp android agan dalam keadaan hidup hingga baterainya menunjukan 100 % alias full
  • Kemudian matikan lagi (power off) hp agan, pasang lagi chargenya hingga 100 %
  • Kemudian nyalakan kembali pastikan baterainya sudah full lagi, jika masih 99% charge lagi sampai penuh.
  • Selanjutnya adalah menghabiskan baterainya, silahkan agan gunakan hp agan seperti biasanya sampai baterainya benar-benar habis sampai 0% (sampai mati sendiri).
  • Jika sudah mati tekan lagi tombol power untuk memastikan baterainya benar-benar habis.
  • Charge kembali sampai 100 %, dan ingat jangan cabut sebelum baterainya benar-benar penuh.
  • Setelah penuh 100 % silahkan agan gunakan seperti biasa dan rasakan perubahannya.
Selain menggunakan cara diatas agan juga dapat menggunakan cara kedua yakni menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ingat sebelum agan melakukan cara yang kedua ini pastikan hp agan sudah dalam keadaan ROOT.

Baca juga: Cara mudah root android dengan framaroot

Cara 2

1. Oke pastikan hh agan dalam keadaan root, lalu menuju ke play store dan unduh aplikasi yang bernama " battery calibration"

2. Charge hp agan hingga 100 % dalam keadaan mati (power off), lalu nyalakan dan charge lagi.

3. Buka aplikasi battery calibration, lalu tunggu hingga battery agan full 100%, jika sudah full 100% silahkan agan klik ' Star calibration '

cara kalibrasi baterai android


4. Jika ada notif muncul silahkan klik ok, unplug atau cabut charge pada android agan

cara kalibrasi baterai android


5. Silahkan agan gunakan hp android agan sampai baterainya benar-benar habis 0 % atau sampai mati sendiri

6. Charge kembali baterai agan hingga penuh 100 %

Nah itulah 2 cara kalibrasi baterai hp android yang mulai lemah, bagaimana sangat mudah bukan ? agan dapat memilih salah satu cara diatas. Oke cukup sekian pembahasan kita pada kesempatan kali ini, bila ada yang belum dimengerti silahkan tinggalkan komentar agan, sekian semoga brmanfaat buat agan.

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Click to comment