Cara mengatasi flashdisk yang sudah terendam air

Cara mengatasi flashdisk yang sudah terendam air - Pada zaman modern sekarang ini, banyak orang sudah memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah banyaknya orang-orang yang menggunakan komputer untuk berbagai keperluan seperti bekerja, belajar dan lain sebagainya. Nah, seiring bertambahnya pengguna komputer, perangkat pendukungnya pun juga ikut bertambah, salah satunya adalah flashdisk/flashdrive sebagai penyimpanan data.

mengatasi flashdisk yang terendam air
Illustrasi: Flashdisk terendam air


Namun bagi sebagian pengguna nampaknya masih belum terlalu mementingkan perawatan dari hardware yang satu ini. Misalnya saja saat flashdisk terkena air, masih banyak orang yang belum tau langkah pertolongan yang harus diberikan pada flashdisk tersebut sehingga flashdisk menjadi rusak. Kasus flashdisk terkena air biasanya terjadi karena lupa untuk mengeluarkannya dari kantong baju atau celana, hal itulah yang menjadi penyebab utama terendamnya flashdik. Untuk itu sangat penting untuk memberikan pertolongan pertama saat flashdisk agan terendam air. Berikut ini cara langkah-langkah yang harus agan lakukan saat flashdisk terkena air.

Cara mengatasi flashdisk terendam air


1. Jangan langsung colokkan flashdisk ke pc/laptop


Ketika agan baru menyadari flashdisk sudah terendam secara keseluruhan, maka agan jangan langsung mencolokkan flashdisk tersebut ke dalam komputer. Jika agan mencolokkan flashdsik ke komputer langsung saat agan baru mengangkat flashdisk dari air, dikahwatirkan nantinya akan terjadi konslet arus listrik pada komputer dan flasdrive yang akan menyebabkan flashdisk dan port usb komputer bisa rusak.

2. Arahkan ujung flashdisk (port usb) ke bawah


Langkah selanjutnya adalah, arahkan ujung  flashdisk atau port usb ke bawah lalu di tarik ke atas dan kebawah berulang ulang sampai airnya benar-benar keluar dari dalam flashdisk.  Atau agan juga bisa memukulkan flashdisk agan ke lantai, meja, atau kursi agar airnya bisa keluar dari flashdisk tersebut.

3. Buka casing flashdisk lalu bersihkan isi dalamnya


Selanjutnya setelah percikan air keluar pada langkah sebelumnya, maka pada langkah ini silahkan agan buka flashdisk tersebut kemudian agan bersihkan semua isi dalam flashdisk terutama mainboardnya. agan bisa bersihkan menggunakan tisu, pengering rambut, dan berbagai alat lainnya. Nah, untuk lebih mengeringkan flashdisk lagi, silahkan agan jemur dibawah terik matahari supaya airnya benar-benar kering.

4. Pasang kembali casing flashdisk


Setelah 3 langkah diatas sudah agan lakukan, selanjutnya adalah memasang kembali casing flashdsik dengan baik dan benar, kemudian untuk memastikan airnya benar banar sudah tidak ada atau sudah kering, silahkan agan lakukan lagi langkah ke 2 diatas (arahkan kebawah atau memukulkan flashdisk). Jika tidak ada air yang keluar berarti flashdisk agan sudah kering.

Jika flashdisk sudah kering, tunggu dulu sampai beberapa jam kemudian baru dicoba colokkan ke komputer untuk melihat apakah flashdisk masih berfungsi.

Baca juga: Cara mengatasi "consider replacing your battery" pada windows 7 

#SARAN: Saat agan membawa flashdisk di dalam kantong jangan lupa untuk mengeluarkannya agar tidak ikut tercuci dan jika terkena air jangan langsung di colokkan ke komputer.

Nah itulah cara mengatasi flashdisk yang terendam air, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat agan, sekian dan terima kasih.

9 komentar

avatar

Kalo fdnya gak bisa kebuka gimana gan?

avatar

Di tiup ujung port nya gan biar airnya keluar kemudian jemur portnya ke arah atas

avatar

Buat nambahin aja, selain cara di atas. bisa juga di kubur / di benamkan di dalam beras untuk beberapa hari kedepan juga bisa gan. Saya sudah pernah mencobanya.

avatar

ok sip atas tambahannya

avatar

Mantap gan. thanks informasi nya

avatar

Flash disknya dibawa berenang gan? hehehe.. makasih infonya gan..

avatar

bisa jadi gan :D hehee

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Click to comment