#10 Tips merawat baterai smartphone android agar tetap awet

Tips merawat baterai smartphone android agar tetap awet - Bagi pengguna ponsel pintar android tentu akan merasa puas akan fitur-fitur yang disajikan oleh smartphone mereka. Namun sepertinya ada salah satu hal yang membuat pengguna ponsel pintar khawatir, yaitu baterai android yang terkadang tidak bisa berumur panjang. Mengapa hal demikian bisa terjadi ? sebenarnya baterai android bukan tidak bisa berumur panjang namun kebanyakan kita lihat belum lama dipakai sudah terjadi masalah pada baterai seperti drop, baterai cepat habis dan sebagainya. Hal tersebut terjadi karena pemakaian yang berlebihan dan tidak wajar pada smartphone.

merawat baterai smartphone android


Setelah sebelumnya saya posting artikel tentang tips merawat hp android, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang cara merawat baterai android agar tetap awet sepanjang masa. Untuk menghilangkan ke khawatiran agan dengan baterai android yang cepat habis dan tidak tahan lama, silahkan agan simak tips berikut ini supaya baterai android agan tetap awet.

Tips merawat baterai android


1. Atur pencahayaan android (brigthness)


Pencahayaan default android menerapkan pencahayaan yang tinggi. Jika hal tersebut agan biarkan, maka akan cepat menguras energi dari baterai android agan. semakin tinggi tingkat pencahayaan maka semakin banyak pula energi yang diambil oleh baterai sehingga akan cepat habis. Untuk itu aturlah pencahayaan seminim mungkin agar baterai agan tidak cepat habis dan bisa berhemat.

2. Matikan data seluler, gps, bluetooth bila tidak digunakan


Jika pada umumnya kita menggunakan data seluler untuk mengakses internet, gps untuk mengetahui lokasi, dan bluetooth untuk mengirim dan menerima file, maka jika agan sedang tidak butuh atau tidak menggunakan fitur tersebut maka matikan semua fitur tersebut. Jika fitur-fitur itu masih menyala sedangkan tidak ada aktivitas apapun yang agan lakukan pada android, maka dengan sendirinya baterai agan akan terkuras dan cepat habis karena fitur tersebut akan berusaha mencari sinyal device atau perangkat lain yang hanya akan menambah beban baterai sehingga banyak yang terkuras.

3. Tutup aplikasi yang tidak digunakan


Jika agan membuka sebuah aplikasi kemudian menutupnya kembali, maka aplikasi tersebut tidak akan sepenuhnya tertutup, aplikasi itu akan berjalan di latar belakang. Jika semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang maka konsumsi daya yang dikeluarkan baterai juga besar dan juga memori RAM akan penuh sehingga menyebabkan hp menjadi lemot. Untuk itu sangat perlu agan menutup semua aplikasi yang berjalan dilatar belakang dengan cara tekan tombol home atau klik tombol sebelah kiri lalu klik ikon hapus (biasanya pada samsung).

Baca juga: Cara membersihkan memori internal smartphone android

4. Matikan hp android agan jika tidak digunakan


Jika agan tidak menggunakan hp android minimal selama 6 jam kedepan, maka sebaiknya agan mematikan hp android agan agar tidak ada daya yang diambil oleh baterai, walaupun agan tidak melakukan aktivitas apapun, smartphone android agan akan tetap mengambil daya walaupun tidak banyak, namun perlu untuk berhemat.

5. Jangan biarkan baterai low


Sebaiknya agan jangan membiarkan atau memakai smartphone android agan sampai keadaan low sekitar 25 % kebawah karena itu akan membahayakan keawetan baterai agan. Jika sudah ada notif peringatan atau baterai sudah mencapai batas low maka segeralah untuk men charger hp agan.

6. Jangan charger secara berlebihan


Nah sebaliknya lagi janganlah agan men charger smartphone android agan secara berlebihan, jika sudah mencapai daya 100 % segeralah cabut hp agan untuk mengatasi over charger. Tau sendirilah resikonya gan diantaranya adalah daya baterai melemah dan juga baterai bisa mengembung. Saya sarankan sebaiknya jangan charger sampai penuh, cukup sampai 80-90 % saja supaya kondisinya tetap stabil dan untuk jaga-jaga bila lupa mencabut charger jika menunggu sampai full 100%

7. Jangan gunakan sambil charging


Sebagian besar pengguna android terutama yang suka nge-game tentu hal biasa menggunakan android main game sambil di charging, namun akibatnya sangat besar daya baterai yang semula kuat akan menjadi lemah lama kelamaan. Nah sebelum hal itu terjadi sebaiknya agan hentikan budaya bermain sambil charging karena akan dapat mengurangi kestabilan dan kekuatan baterai.

8. Saat charger usahakan ke stop kontak dulu baru ke hp


Jangan sepelakan hal yang satu ini gan, saat agan mengisi daya sebaiknya agan sambungkan charger ke stop kontak terlebih dahulu baru sambungkan ke hp. Jika agan melakukan hal yang sebaliknya maka baterai agan akan terkejut dengan listrik yang tiba tiba masuk. Jika hal tersebut terus menerus agan lakukan maka akan mempercepat baterai rusak.

9. Jaga suhu baterai smartphone agan


Jika menggunakan android terlalu lama, maka dampak yang ditimbulkan adalah baterainya menjadi sangat panas dan bisa mengembung, hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan baterai, jika sudah merasa panas sebaiknya agan hentikan dulu aktivitas pada smartphone agan dan tunggu sampai kondisi baterai menjadi dingin baru digunakan kembali.

10. hindari penggunaan wallpaper bergerak


Wallpaper bergerak memang sangat menarik sekali untuk digunakan, namun bagi agan yang ingin merawat serta menghemat baterai, hindarilah penggunaan wallpaper bergerak karena itu akan semakin menguras daya baterai meskipun sedang tidak melakukan aktivitas apapun pada smartphone.

Nah itulah 10 tips merawat baterai smartphone android agar tahan lama. Jika agan ingin menghemat dan merawat baterai hp agan, silahkan terapkan tips-tips diatas supaya baterai tetap tahan lama sepanjang masa. Oke semoga tips diatas dapat bermanfaat buat agan, sekian dan terima kasih, nantikan juga artikel menarik lainnya.

Seseorang yang ingin mencari pengalaman dengan menulis artikel serta senang berbagi pengetahuan kepada sesama, Salam hangat gan

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.
EmoticonEmoticon