Tips merawat hp android bagian luar dan dalam agar tetap awet

Tags

Tips merawat hp android bagian luar dan dalam agar tetap awet - Merawat hp android memang bukan perkara yang mudah bagi setiap orang, untuk itu janganlah  anda abaikan hal yang satu ini. Hp android yang terawat tentu akan memberikan kesan yang nyaman bagi anda saat menggunakannya, untuk itulah merawat hp android sangat penting bagi anda.

merawat hp android
Merawat smartphone


Dalam merawat hp android ada dua komponen yang harus tetap anda jaga agar hp android anda tetap awet, komponen tersebut adalah bagian dalam dan bagian luar android. Merawat bagian luar hp android tentu sangat penting demi kenyamaan anda saat menggunakannya, lecet sedikit saja pada bagian luar maka akan memberikan kesan buruk dan tidak enak saat memakainya. Begitupun dengan bagian dalam dari android, bagian ini paling utama sekali untuk anda rawat dan jaga agar tetap stabil dan awet. Contohnya saja jika anda sedang asik bermain, tiba-tiba saja hp android anda hang atau crash itu akan membuat anda merasa kesal, nah untuk itulah sangat penting merawat hp android baik itu bagian luar maupun bagian dalamnya.

Baca juga: Cara paling ampuh mengatasi android lemot dalam waktu 5 menit

Berikut ini admin berikan tips bagi anda yang ingin merawat smartphone android anda agar tetap awet saat digunakan.

Merawat bagian luar


1. Gunakan anti gores pada layar


Sudah pada tau kan fungsi dari anti gores ? ya anti gores berfungsi untuk melindungi layar android dari goresan tangan maupun benda lain agar tetap mulus dan halus serta nyaman saat digunakan. Saya sangat sarankan bagi anda untuk menggunakan anti gores kaca pada layar smartphone android anda supaya tetap aman walaupun digores secara keras dan jatuh, akan tetap aman karena jika jatuh dan layarnya pecah, anda cabut saja anti gores kaca tersebut pasti layarnya kinclong kembali karena yang pecah anti goresnya bukan layarnya, untuk itulah sangat penting bagi anda untuk menggunakan anti gores kaca.

2. Gunakan pelindung casing atau silikon


Silikon pada hp android ataupun hp lainnya sangat berguna untuk melindungi bagian luar hp android anda terutama casingnya agar tetap terlihat seperti baru lagi walaupun sudah digunakan berkali kali. Perawatan seperti ini sudah umum dilakukan oleh pengguna smartphone android dan terbukti melindungi bagian luar dari smartphone android tersebut sehingga jika hp anda jatuh masih tetap aman terlindungi oleh silikon hp android ini.

3. Jauhkan dari sinar matahari


Pada setiap smartphone android tentu memiliki komponen komponen yang berbeda dan setiap komponen tersebut istilahnya alergi terhadap sinar matahari, nah untuk itu sangat penting bagi anda untuk menghindari menggunakan android dibawah trik matahari yang menyengat karena dapat membahayakan komponen yang ada dalam hp android anda.

4. Bersihkan dari debu


Setelah anda memakai android cukup lama dan sudah dibawa kemana-mana, sebaiknya anda bersihkan bagian luar android anda dengan alat pembersih seperti kapas, kain pembersih, kalau saya biasanya membersihkan android saya menggunakan "screen cleaning kit" yang didalamnya terdapat air dan kain pembersih khusus yang dapat membersihkan casing hp android sehingga menjadi tetap kinclong dan terlihat seperti baru lagi walaupun sudah dipakai berkali kali.

Merawat bagian dalam


Selain merawat bagian luar android yang paling utama anda lakukan juga adalah merawat bagian dalam atau internal android anda agar tetap awet, ingat jangan lewatkan hal yang satu ini, percuma saja jika anda merawat bagian luar tapi bagian dalamnya sudah tidak awet lagi, untuk itu berikut ini admin berikan tips-tips sesuai pengalaman admin yang sampai saat ini hp android admin masih sehat wal afiat.

1. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan/sudah tidak digunakan


Setiap orang pasti membutuhkan sebuah aplikasi entah itu digunakan selamanya atau hanya digunakan untuk sementara. Nah saya yakin pasti ada aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi di hp android anda, untuk itulah anda harus menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan atau sudah tidak anda gunakan lagi. Bebaskan memori(internal/eksternal) anda agar tetap stabil dan terjaga dan agar tidak penuh karena jika penuh pasti akan berdampak pada aplikasi lainnya seperti anda tidak akan bisa menginstall aplikasi lain karena memori sudah penuh atau aplikasi lain bisa crash karena tampungan penuh.

2. Stop aplikasi yang berjalan di latar belakang


Secara tidak sadar banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang android, seperti facebook, twitter, dan aplikasi lainnya. aplikasi tersebut tentu akan memakan RAM dan menghambat kinerja android anda. Jika aplikasi yang berjalan banyak dan anda membuka sebuah aplikasi lagi, maka saya yakin aplikasi yang anda buka tersebut akan hang atau crash karena RAM sudah tidak kuat untuk menampung banyak aplikasi. Untuk itu setelah anda membuka sebuah aplikasi sebaiknya hentikan aplikasi tersebut agar tidak berjalan lagi di latar belakang.

Caranya adalah buka setting > manajemen aplikasi > aplikasi berjalan, lalu klik dan pilih berhenti. Umumnya seperti itu, di  setiap android menunya pasti berbeda silahkan anda sesuaikan sendiri dengan smartphone anda.

3. Bersihkan cache/file sampah


Cache merupakan file sampah dari aplikasi-aplikasi yang sudah anda buka sebelumnya, untuk itu sangat perlu bagi anda untuk membersihkannya, minimal sekali dalam seminggu untuk menghindari penuhnya memori pada hp anda. Membersihkan cache pada android dapat anda lakukan dengan cara manual dan menggunakan aplikasi

Untuk cara manual anda dapat menghapusnya dengan masuk ke memori internal > lalu cari file cache dan hapus. Jika anda menggunakan aplikasi saya rekomendasikan menggunakan aplikasi ccleaner untuk membersihkan cache secara tuntas pada smartphone  android anda.

4. Jangan bermain game berlebihan


Bermain game memang merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan bagi semua orang, terlebih lagi game yang ada pada hp android anda sangat seru dan menarik. Tapi ingat jangan sampai anda bermain melebihi batas pemakaian, bermainlah sewajarnya saja, kalau saya max 30 menit sehari. Jika anda berlebihan maka banyak dampak yang ditimbulkan dari bermain game berlebihan pada android, diantaranya android anda akan cepat panas dan baterai akan cepat melemah (jangan main sambil charger android anda)

5. Restart/shutdown android anda


Jika anda sudah lama memakai android, maka sebaiknya anda istirahatkan hp android anda tersebut dengan merestart atau men shutdown supaya android anda tetap fresh/segar dan siap digunakan kembali. Manfaat restart dan shutdown android sangat besar yakni bisa mengistirahatkan semua aplikasi yang ada pada smartphone android anda.

Demikianlah ulasan mengenai tips merawat smartphone android bagian luar dan dalam agar tetap awet dan terjaga kestabilannya, silahkan anda praktikan sendiri untuk merawat hp android anda. sekian artikel pada kesempatan kali ini semoga dapat bermanfaat buat anda.


NOTE: jika artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan share ke teman-teman yang lainnya supaya kita sama-sama mendapatkan manfaatnya.

Seseorang yang ingin mencari pengalaman dengan menulis artikel serta senang berbagi pengetahuan kepada sesama, Salam hangat gan

1 komentar so far

walah handphone saya sedang sakit hhha, sial mungkin kurang perawatannn... walah coba saya baca ini pada waktu itu ... mantap infonyaaa makasih

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.
EmoticonEmoticon