Mengenal macam-macam jaringan komputer

jaringan komputer


Mengenal macam-macam jaringan komputer - Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Alat-alat yang dimaksud dalam jaringan komputer adalah adanya komputer, printer dan lain sebagainya yang terhubung ke dalam satu jaringan.

Tujuan dari jaringan komputer antara lain:
  • Membagi sumber daya, contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, dan harddsik,
  • Komunikasi, contohnya surat elektronik, instan messaging, dan chatting, serta
  • akses informasi, contohnya web browsing.
Secara umum jaringan komputer dibagi menjadi 5 jenis sebagai berikut.

1. Internet (Interconnected Network) 

Internet merupakan hubungan antar komputer dalam suatu jaringan global yang memungkinkan setiap komputer saling bertukar informasi. Hubungan antar komputer ini menggunakan protokol internet (internet protocol/IP) Internet menghubungkan komputer di seluruh dunia yang jumlahnya dapat mencapai ratusan juta buah.

2. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kompleks bangunan (seperti sekolah atau pabrik) yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama-sama sumber daya atau resource (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

3. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

4. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri atas mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. Contohnya juga seperti hubungan bank yang ada di luar negeri dan dalam negeri yang dapat mentransfer lewat jaringan WAN.

5. Jaringan tanpa kabel (Wireless)

Jaringan tanpa kabel merupakan suatu jalan keluar terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau ingin berkomunikasi walaupun sedang berada di atas mobil atau pesawat terbang, maka jaringan tanpa kabel diperlukan karena tidak mungkin menggunakan jaringan kabel di mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

Sekian artikel tentang mengenal macam-macam jaringan komputer, semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

2 komentar

avatar

mantap infonya saya jadi ngerti

avatar

Sip, thanks sudah berkunjung

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Click to comment