Cara mengatasi android lemot dan sering hang

Cara mengatasi android lemot dan sering hang - Halo sahabat, pernahkah anda merasa bahwa hp android yang anda gunakan terasa sangat lemot dan bahkan hang ? Saya rasa anda pasti pernah mengalami hal tersebut. Android lemot disebabkan oleh berbagai banyak faktor, mulai dari dalam dan ada juga faktor yang dari luar seperti jatuh yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem hardware sehingga menyebabkannya menjadi lemot.

Android lemot


Namun jarang sekali kita temui android lemot karena kerusakan pada hardwarenya. Lebih banyak kita jumpai bahwa android lemot karena sistem softwarenya. Jika anda pernah mengalami hal ini tentu perasaan anda akan merasa sangat kesal. Saat anda lagi membutuhkan android untuk bekerja, bermain, dengar lagu dan lain sebagainya, tiba-tiba hp android tersebut mengalami lemot atau bahkan hang. Itu merupakan moment yang sangat tidak menyenangkan.

Tetapi anda tidak perlu khawatir, melihat semua kejadian itu anda jangan langsung mengambil langkah terakhir yaitu install ulang hp android anda. Coba anda berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan hal tersebut. Masih banyak cara yang dapat anda lakukan untuk memulihkan hp android anda yang mengalami lemot atau sering hang. Untuk itu, berikut ini saya paparkan cara mengatasi hp android yang sering lemot dan sering hang.

Mengatasi android lemot dan hang


1. Hentikan semua aplikasi yang berjalan


Di saat anda sedang menggunakan hp android anda, secara tidak sadar bahwa saat itu pula banyak aplikasi yang sedang berjalan secara bersama-sama. Banyaknya aplikasi yang berjalan secara bersamaan mengakibatkan android anda menjadi lemot. Akibatnya anda pun akan merasa kesal dengan hp anda. Untuk itu sebelum memulai aktivitas dengan hp android, alangkah baiknya anda cek terlebih dahulu aplikasi-aplikasi yang berjalan. Anda bisa cek di pengaturan android.

2. Jangan memakai live wallpaper


Memakai live wallpaper memang akan membuat tampilan android anda akan semakin menarik, terlebih live wallpaper itu bergerak. Namun, dibalik keindahan yang diberikan oleh live wallpaper terhadap android anda, ada dampak buruk penggunaannya, yaitu dapat menyebabkan android anda menjadi lemot. Hal tersebut terjadi karena penggunaan live wallpaper menggunakan banyak daya dan menggunakan banyak RAM android anda. Terlebih lagi jika RAM android anda ukurannya kecil, itu akan menyebabkan android anda akan semakin lemot.

3. Jangan install antivirus dan sejenisnya


Tahukah anda bahwa menginstall antivirus dan sejenisnya seperti baidu, avast, dll. dapat menyebabkan android anda menjadi lemot. Aplikasi-aplikasi tersebut banyak memakan RAM dan mengundang virus yang masuk ke android anda. Coba saja anda bandingkan antara android yang menggunakan antivirus dengan yang tidak, pasti yang akan lebih ringan dan cepat adalah android yang tidak menggunakan antivirus. Jadi jika ada antivirus di hp android anda, segera hapus karena itu merupakan salah satu penyebab android anda menjadi lemot.

4. Hapus aplikasi yang tidak terpakai


Menumpuk banyak aplikasi akan memperlambat kinerja android anda. Jadi sebaiknya anda menghapus aplikasi yang sudah tidak anda perlukan lagi demi menjaga android anda agar tetap ringan dan cepat saat digunakan.

5. Hapus cache pada memori internal


Cache merupakan tumpukan file sampah hasil dari aplikasi yang telah anda jalankan sebelumnya. Dan cache ini akan terus bertambah seiring dengan penggunaan aplikasi yang ada di android anda. Hal ini pula yang dapat menyebabkan android anda sering lemot dan hang. Jadi sebaiknya anda sering menghapus cache di memori internal anda.

6. Restart android anda jika terasa lemot


Merestart android sama dengan menyegarkan kembali hp android anda. Ibaratnya mengistirahatkan sistem android anda yang sering berjalan. Jadi dengan merestart hp android maka akan menyegarkan kembali seluruh sistem softwarenya sehingga android anda yang sebelumnya lemot akan menjadi cepat dan ringan setelah di restart.

Baca juga: Cara membuat android menjadi mouse pc/komputer

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi android lemot dan sering hang. Silahkan anda coba tips tersebut jika anda merasa bahwa android anda sudah mengalami lemot dan hang. Oke sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat buat anda.

1 komentar:

avatar

mantap gan mungkin terlalu banyak app yang keinstall

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Click to comment