Tips menemukan ide untuk menulis artikel di blog

Tags

Tips menemukan ide untuk menulis artikel blog - Dalam kegiatan blogging, tentunya artikel merupakan yang paling utama dari semua komponen blog. Nah dalam membuat artikel pun bisa di bilang gampang dan susah. Tempat gampang anda menulis artikel yaitu saat anda menguasai topik pembahasan dan menyukai topik yang anda bahas tersebut. Sebaliknya tempat sulit dalam menulis artikel adalah ketika anda tidak menguasai topik pembahasan dan bahkan kurang suka dengan artikel yang anda tulis.

menemukan ide


Nah, mengapa terjadi hal demikian ? penyebabnya adalah dari tujuan anda sendiri. Misalkan anda bertujuan untuk mendapatkan traffic pengunjung yang tinggi di blog, maka anda ikut-ikutan menulis artikel orang lain yang ramai pengunjung akan tetapi anda sendiri tidak menguasainya, jika sudah begitu maka artikel yang anda targetkan akan susah untuk jadi dan kualitasnya kurang baik. Berbeda halnya jika artikel yang anda buat anda targetkan untuk pembaca maka lain pula yang akan terjadi. Dan justru artikel yang anda buat untuk pembaca lah yang akan mendapatkan traffic tinggi.

Oke kita kembali ke topik pembahasan. Pada saat anda pertama kali ngeblog, tentunya anda akan mempunyai semangat yang tinggi. Dengan semangat yang tinggi tentunya anda pun sudah siap dengan ide-ide yang akan anda tuangkan ke blog. Setelah lama menjalankan kegiatan blogging, saat itu pula ide anda semakin menipis dan tak tau lagi apa yang harus di tulis di blog.

Hal tersebut sering terjadi dan menghampiri setiap blogger. Terkadang kehabisan ide-ide akan mendatangkan rasa malas untuk ngeblog. Jika sudah datang rasa malas, maka nasib blog pun akan terbengkalai dan kemungkinan stop dalam jangka waktu yang panjang. Untuk itu saat anda kehabisan ide dalam menulis artikel di blog, segeralah mencari ide dan inspirasi supaya anda tidak terkena oleh rasa malas karena lama tidak menulis artikel di blog.

Berikut ini beberapa tips yang dapat membuat anda menemukan ide baru dalam menulis artikel di blog. Simak baik-baik tips berikut ini.

1. Buat permasalahan anda menjadi sebuah tulisan

Anda punya masalah dengan sesuatu ? jika iya anda punya masalah, anda bisa mengubahnya menjadi sebuah pertanyaan dan jawaban yang dapat anda selesaikan. Setelah anda menyelesaikan sebuah masalah yang anda alami, tuangkanlah masalah tersebut mulai dari proses terjadinya dan bagaimana anda menyelesaikannya. Tulislah hal tersebut di blog anda sebagai artikel. Dengan begitu, blog anda akan tetap update walaupun anda sempat kehabisan ide. Selain masalah anda sendiri, anda juga bisa bertanya masalah teman, saudara, keluarga dan lain sebagainya yang masalahnya bisa anda tuangkan ke bentuk artikel di blog.

2. Manfaatkanlah sosial media

Zaman modern ini, sering kita melihat orang-orang sekarang memanfaatkan sosial media sebagai ladang untuk mencari informasi, membagikan informasi, berjualan, promosi, curhat, dan lain sebagainya. Nah anda dapat memanfaatkan sosial media tersebut untuk mencari ide dan inspirasi untuk menulis artikel. Misalkan lewat hal yang di promosikan atau informasi yang dibagikan. Nah anda dapat mengembangkan informasi tersebut menjadi sebuah artikel yang lebih lengkap lagi.

3. Lewat forum diskusi online

Di dumay (dunia maya) banyak sekali macamnya, mulai dari sosial media, internet, dan forum. Nah salah satu yang banyak digunakan juga saat ini adalah forum. Forum tersebut digunakan untuk berdiskusi tentang suatu hal sampai bertukar informasi. Seperti yang saya katakan diatas bahwa jika hal yang disampaikan dalam forum tersebut bersifat informasi anda dapat mengembangkannya lagi, jika yang di sampaikan adalah pertanyaan, anda dapat menyelesaikan pertanyaan tersebut dan membuatnya menjadi sebuah artikel. Banyak sekali forum yang dapat anda manfaatkan dan masuk di dalamnya seperti ads.id, bersosial.com, forum facebook, forum google plus dan lain sebagainya.

4. Memperbanyak membaca dan mencari referensi

Seorang penulis yang hebat juga merupakan seorang pembaca yang tekun. Nah, jika anda ingin menjadi seorang penulis yang handal, maka rajinlah untuk membaca. Membaca dapat anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Apalagi sekarang ini banyak media yang dapat anda gunakan untuk mencari berbagai referensi seperti internet, buku, majalah dan sebagainya. Jika anda sudah banyak membaca saya yakin pasti akan ada hal yang anda tangkap di kepala anda dan hal tersebut bisa anda jadikan sebagai sebuah artikel di blog.

5. Perbarui artikel lama anda

Dalam artikel blog, tentu ada yang mempunyai tayangan banyak dan sedikit. Jika tayangan salah satu artikel anda sedikit, itu berarti di dalam artikel anda masih ada yang kurang menarik dan perlu di tambahkan sesuatu yang unik agar pembaca tertarik dengan artikel anda. Nah untuk itu saat kehabisan ide periksalah artikel anda dan perbarui artikel yang menurut anda kurang diminati pengunjung.

Baca juga: Bagaimana memulai kegiatan blogging dari awal ?

Itulah beberapa tips menemukan ide untuk menulis artikel di blog. Semoga beberapa tips tersebut dapat membantu anda yang saat ini sedang kehabisan ide untuk menulis artikel di blog. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Seseorang yang ingin mencari pengalaman dengan menulis artikel serta senang berbagi pengetahuan kepada sesama, Salam hangat gan

6 komentar

wah sangat membantu om ... thanks ya artikelnya :)

sama-sama gan,,,thanks udah mampir

Memperbarui artikel lama ini saya blm pernah nyoba gan. Hehehe
Blm tahu juga mamfaatnya apa.

Nice post gan, jgn lupa kunjung balik yah :)

Terima kasih saran nya gan informasi ini sangat bermanfaat bagi saya TERIMAKASIH

sama-sama gan semoga bermanfaat

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.
EmoticonEmoticon