2 cara menghapus file secara permanen pada komputer

label
2 cara menghapus file secara permanen pada komputer - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghapus file secara permanen pada komputer yang menggunakan sistem operasi windows. Mengapa anda harus menghapus file secara permanen ? Mungkin banyak alasan anda harus menghapus file yang anda pada komputer anda secara permanen tanpa harus tersimpan lagi di bak sampah recycle bin.

Kita ketahui bersama bahwa pada saat penghapusan sebuah file, maka file yang telah di hapus tersebut akan tersimpan lagi di recycle bin. Nah  bagi sebagian orang yang belum tau akan hal ini, mereka mengira bahwa file yang telah dihapus tersebut sudah hilang selamanya. Namun kenyataannya tidak, karena keseringan menghapus file, lama kelamaan harddisk akan kelihatan penuh dengan file sampah yang telah di hapus. akibatnya komputer akan menjadi lambat. Tentu hal ini tidak anda inginkan.

Baca juga: Cara mempercepat kinerja komputer

Untuk itu dalam menghapus file yang sudah tidak anda gunakan atau perlukan lagi, maka sebaiknya anda menghapusnya secara permanen saja agar memori atau kapasitas harddisk komputer anda tidak dipenuhi oleh tumpukan file sampah yang telah anda hapus yang tertampung di bak sampah recycle bin. Oke kita langsung saja ke cara menghapus file secara permanen pada komputer anda, simak langkah-langkah berikut ini.

Menghapus file secara permanen pada komputer


1. Langkah yang pertama adalah langsung melakukan eksekusi pada file yang akan anda hapus. Caranya cukup mudah sekali. Anda tinggal memilih file yang akan anda hapus kemudian silahkan anda tekan kombinasi SHIFT+DEL pada keybord.

Maka akan muncul kotak konfirmasi seperti di  bawah ini. Lalu anda klik saja yes, maka file tersebut akan terhapus secara permanen pada komputer anda tanpa harus ditampung di recycle bin.

menghapus file

2. Cara yang kedua adalah dengan menyetting/mengatur recycle bin pada komputer anda dengan perintah supaya tidak menampung file yang telah di hapus. Caranya, anda masuk ke desktop, kemudian klik kanan pada recycle bin dan pilih properties.

menghapus file

Setelah anda klik properties maka akan terbuka jendela seperti di bawah ini. Selanjutnya silahkan anda centang pada bagian don't move files to recycle bin. remove files immediately when deleted. jangan lupa untuk centang Dispaly dialog confirmation deleted, gunanya untuk menampilkan kotak konfirmasi saat anda menghapus file, hal ini berguna untuk mengantisipasi bila anda tidak sengaja menghapus file.

menghapus file

Bagaimana cukup mudah bukan ?

Oke itulah tadi 2 cara yang bisa anda lakukan untuk menghapus file secara permanen pada komputer anda, sehingga jika anda menghapus banyak file, maka kapasitas harddisk anda tetap terkontrol dan tidak mudah penuh dengan file sampah. Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat buat anda.
Share This :
Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.

Related Post

avatar

sederhana dan sangat bermanfaat, karena pengalaman saya menghapus file hanya dengan metode diatas cukup memberatkan komputer ya mas, jika tidak di eksekusi dengan cara kedua. namun saya justru menunggu artikel berikutnya, saya harap topiknya cara mengembalikan file yang gak sengaja kehapus hehe

delete 30 April 2016 18.32
avatar
Ahmad Sufyan person

oke gan, ditunggu aja artikel selanjutnya hehe,,

delete 30 April 2016 18.55

*berkomentarlah dengan bahasa yang sopan
*Menyisipkan link aktif tidak akan di publish

sentiment_satisfied Emoticon