Cara menulis artikel SEO friendly

Cara menulis artikel SEO friendly - Halo sahabat pembaca, pada kesempatan yang baik ini saya akan mengajak anda untuk membahas cara menulis artikel yang SEO friendly. Tahukah anda apa itu artikel SEO ? mungkin anda mempunyai sedikit gambaran tentang istilah tersebut. Tapi alangkah baiknya saya bisa jelaskan kepada anda apa itu artikel SEO. Simple saja artikel yang SEO adalah artikel yang berbobot, berkualitas, mudah dipahami pembaca, serta mengandung tujuan utama si penulis.

Salah satu cara blogger membuat artikel mereka muncul dan bertahan di posisi terbaik mesin pencari adalah dengan menulis artikel SEO. Apakah anda juga ingin artikel yang anda tulis muncul dan bertahan di posisi terbaiknya pada mesin pencari ? tentu jawaban anda adalah iya. Dalam sebuah blog kita sering mendengar istilah "konten adalah raja" memang benar konten merupakan segala yang utama dalam blog. Akan tetapi sudahkah anda melihat kembali konten yang anda buat ? apakah konten tersebut bisa dibilang raja dalam blog anda ? Bagaimana konten bisa di sebut sebagai raja ? dan sudahkah anda mengoptimasikan artikel yang telah anda buat ?

menulis artikel SEO


Konten atau artikel bisa di bilang sebagai raja apabila sudah mampu menguasai minat pembacanya, artinya pengunjung yang datang ke blog anda betah dengan artikel yang anda buat. Barulah jika sudah seperti itu konten/artikel adalah raja utama dalam blog. Selain itu juga artikel yang anda buat perlu di optimasi dengan baik agar lebih mudah ditemukan oleh pembaca. Lalu bagaimana cara saya supaya dapat menulis artikel yang SEO friendly dan dapat bertahan di posisi terbaik mesin pencari ? mari kita bahas poin-poin berikut ini.

Cara menulis artikel yang SEO friendly


1. Tulislah artikel sesuai kemampuan anda


Pada poin pertama saya mengajak anda untuk menulis artikel sesuai minat dan kemampuan anda. Mengapa anda harus menulis sesuai minta dan kemampuan ? pasti anda sudah tau jawabannya bukan. Ya menulis artikel sesuai kemampuan akan memudahkan anda untuk memilih dan merangkai kata-kata dalam menulis artikel, dengan begitu anda tidak kesulitan dalam membuat sebuah artikel. Tetapi jika sebaliknya anda lakukan, yaitu menulis yang tidak atau belum sepenuhnya anda kuasai, maka anda akan kesulitan dalam merangkai kata sehingga hasilnya tidak maksimal. Jadi tulislah artikel yang anda kuasai sehingga menjadi maksimal dan mudah dipahami oleh pembaca.

2. Cantumkan tujuan utama anda


Apakah anda sering mendengar bahwa artikel panjang sangat mudah di index mesin pencari ? kita mengetahui bahwa artikel panjang juga merupakan artikel yang SEO, akan tetapi jika artikel tersebut menjelaskan sebuah topik sampai terperinci. Namun jika artikel panjang tetapi kebanyakan isinya hanya basa basi saja, maka bisa dibilang belum memenuhi kriteria artikel SEO. Bagaimana dengan artikel pendek ? artikel pendek juga dapat menjadi artikel SEO jika yang dijelaskan pada artikel tersebut langsung kepada poin utama tanpa banyak basa-basi. Jadi sebaiknya jika materi yang anda sampaikan tidak terlalu panjang, anda langsung bisa mencantumkan tujuan utama dan poin-poin penting dalam artikel tersebut tanpa banyak basa-basi.

3. Beri label pada kategori tanda pada  artikel anda


Label berfungsi untuk mempermudah pengunjung mengenali artikel yang anda buat. Dengan mengenali artikel yang anda buat tersebut, maka pengunjung juga akan dengan mudah untuk menemukan artikel yang terkait dengan artikel yang mereka baca. Itu sangat menguntungkan buat anda karena pengunjung akan semakin lama di blog anda.

4. Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti


Tentu dalam membuat artikel anda tidak asal-asalan dalam menulis, perlu anda perhatikan juga kenyamanan pengunjung dalam membaca artikel anda, sehingga jika sudah nyaman  mereka akan betah berlama-lama di blog anda.

5. Gunakan kata "anda" atau kata ganti tunggal pada artikel


Anda dapat menggunakan kata ganti tunggal pada saat berbicara pada artikel yang anda buat. Mengapa harus demikian ? supaya pengunjung tidak merasa di duakan, buatlah artikel yang seolah-olah anda berbicara empat mata dengan pengunjung, sehingga mereka lebih paham apa tujuan yang anda sampaikan pada artikel yang anda buat.

6. Berilah deskripsi penelusuran 


Setelah anda selesai membuat artikel, hal yang tidak boleh anda lewatkan adalah memberikan deskripsi penelusuran pada artikel yang baru saja anda buat. Apa fungsi dari deskripsi penelusuran ? Fungsi dari deskripsi penelusuran adalah untuk memberikan gambaran kepada pengunjung/pembaca mengenai isi artikeil yang anda buat sebelum mereka membacanya. Jadi buatlah deskripsi penelusuran semenarik mungkin yang dapat menarik minat orang lain untuk membacanya.

 Baca juga: Bagaimana menulis artikel yang berkualitas dan bermanfaat ?

Penutup:

Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan pada artikel kali ini, anda bisa menerapkan semua tips di atas jika ingin menulis artikel yang SEO friendly. Jadi intinya adalah anda berusaha untuk membuat artikel yang benar-benar dapat bermanfaat buat orang lain. Sekian artikel kali ini, semoga apa yang anda baca dapat bermanfaat.

Hi gan, perkenalkan saya FYAN admin blog ini, hobi blogging, utak atik perangkat pc dan hp, ane juga hobi ngeGame, Ingin berteman ? silahkan add ane di facebook gan.

13 komentar

sangat membantu newbie seperti saya :)

sangat membantu newbie seperti saya gan jadi nambah ilmu nih kalo mau bikin artikel supaya seo terima kasih :D

sama-sama, thanks udah berkunjung gan

Thanks gan infonya, semoga blog ane bisa PO .

Sangat membantu nihh ane newbie nulis artikel semamunyam.

No 3 sering sekali sya dapati, banyak blogger pemula yang update artikel tetapi tidak memberikan label pada artikel , otomatis pengunjung bingung, artikel ini jenis apa. Fungsi label juga mempunyai peranan penting dalam perkembangan blog, seperti pemberian navigasi menu yang terdapat beberapa kategori artikel yg berbeda-beda.

Izin praktek mas, mau coba semua tips nya nih

Bermanfaat Banget Nih Buat Saya Yang Seorang Newbie

silahkan mas semoga bermanfaat

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.
EmoticonEmoticon