5 hal yang perlu dilakukan setelah selesai menulis artikel

5 hal yang perlu dilakukan setelah selesai menulis artikel - Konten atau artikel merupakan hal yang sangat penting dan bahkan merupakan komponen yang sangat utama untuk blog. Karena dengan artikel dapat mendatangkan pengunjung atau pembaca. Dengan artikel pula juga dapat menentukan apakah web atau blog tersebut populer dan mempunyai posisi yang bagus, baik di kalangan para pembacanya ataupun di kalangan mesin pencari. Seperti halnya membuat sesuatu agar menjadi sempurna dan mendapatkan hasil yang maksimal. Begitupun dengan artikel yang anda tulis pada blog, artikel tersebut sangat perlu anda optimalkan agar hasilnya menjadi maksimal.

Menulis artikel


Dalam menulis artikel tentu banyak hal yang perlu anda perhatikan, mulai dari tata penulisannya, gaya bahasa yang digunakan, sampai tanda baca yang harus diletakkan di posisinya masing-masing. Jadi jika anda peduli dengan apa yang anda tulis maka pastilah anda akan memperhatikan semua itu. Nah dalam menulis artikel, terutama menulis artikel di blog. Anda pastinya menginginkan agar artikel yang telah anda tulis tersebut dapat teroptimasi dengan baik, dalam hal ini kita berbicara masalah optimasi SEO on page dan SEO off page. Apa yang dimaksud dengan kedua istilah tersebut? SEO on page adalah upaya yang anda lakukan untuk mengoptimasi artikel anda langsung dari dalam blog anda, sedangkan SEO off page sama dengan on page hanya saja bedanya kalau SEO off page dilakukan dari luar blog anda. Jadi tujuan dari keduanya adalah sama.

Baca juga: Tips ngeblog untuk pemula sampai bisa

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya mengoptimalkan artikel dengan gabungan dari kedua istilah tersebut yang saya buat dengan judul "hal yang perlu anda lakukan setelah selesai menulis artikel" Tentu hal ini bertujuan untuk optimasi artikel anda agar hasil penulisan anda benar-benar maksimal dan mudah ditemukan dan dibaca oleh orang lain seperti yang anda inginkan, karena ngeblog merupakan aktivitas yang dilakukan semata-mata untuk berbagi kepada orang lain. Oke baiklah kita langsung saja ke poin pembahasan berikut ini.

Hal yang perlu dilakukan setelah selesai menulis artikel


1. Cek artikel dari kesalahan penulisan

Artikel dengan penulisan yang baik dan benar merupakan artikel yang sangat disukai oleh pembaca sehingga mereka betah berlama-lama di blog anda. Jadi sebelum menerbitkan artikel yang baru saja anda buat, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah ada salah penulisan pada artikel anda, baik itu kesalahan kata, kesalahan tanda baca, dan kesalahan lain yang mungkin dapat membuat artikel anda kurang menarik untuk dilihat. Dengan artikel yang anda buat kelihatan enak untuk di baca tanpa kesalahan penulisan, maka pengunjung akan mudah mengerti apa yang anda maksud dalam artikel yang telah anda tulis tersebut.

2. Berilah label pada artikel anda

Apa itu label ? label merupakan suatu tanda tau bisa juga disebut dengan kategori. Misalkan artikel yang anda buat berhubungan dengan internet, jadi anda taruh di label internet. Anda bisa membuat label dengan mengklik tulisan label disebelah kanan halaman posting dan berada di urutan paling atas. Fungsi dari label itu sendiri adalah untuk mempermudah pengunjung mencari artikel yang mereka inginkan, tentunya dengan kategori yang berhubungan dengan yang ingin pengunjung cari. Jadi buatlah label pada artikel anda.

3. Buatlah deskripsi penelusuran pada artikel anda

Apa fungsi dari deskripsi penelusuran ? fungsinya adalah untuk menggambarkan atau memberitahukan kepada pengunjung tentang apa saja isi yang dibahas pada artikel yang anda buat. Biasanya deskripsi penelusuran berjumlah maksimal 140 karakter. Jadi anda buat semenarik mungkin gambaran tentang apa yang di bahas pada artikel tersebut sehingga pengunjung tertarik untuk membacanya. Anda bisa membuat deskripsi penelusuran dengan mengklik deskripsi penelusuran di sebelah kanan halaman posting.

4. Submit artikel anda ke google webmaster tools dan bing webmaster

Fungsi dari submit artikel ke google dan bing webmaster tools adalah agar mesin pencari google dan bing lebih mudah mengindex dan menemukan artikel anda sehingga otomatis orang-orang yang mencari artikel yang berkaitan dengan artikel yang anda buat dapat ditemukan di mesin pencari google dan bing. Bagaimana cara submit artikel ke google ? silahkan anda menuju ke google webmaster tools submit, lalu masukkan URL artikel anda, isi kode captha dan klik submit. Selanjutnya untuk submit artikel ke bing caranya sama, anda tinggal mengunjungi bing webmaster submit, lalu masukkan URL artikel anda isi kode dan klik submit.

5. Promosikan artikel anda ke media sosial

Untuk lebih memaksimalkan agar artikel anda mendapatkan pengunjung yang akan membacanya, silahkan anda lakukan langkah promosi di media sosial. mengapa di media sosial ? karena media sosial merupakan tempat orang-orang lebih banyak berkumpul dan menghabiskan waktu mereka. Terutama di grup atau komunitas yang mereka bangun disana. Anda dapat bergabung dengan grup atau komunitas di media sosial dan mulai mempromosikan artikel yang baru saja anda buat agar mendapatkan banyak pembaca dan tentunya membagikan apa yang anda ketahui kepada para pembaca.

Baca juga: Cara mempromosikan blog untuk mendapatkan banyak pengunjung

Penutup:

Itulah tadi beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk mengotimasi artikel anda agar artikel yang anda buat benar-benar maksimal baik itu dari segi penulisan, penelusuran mesin pencari, banyaknya pembaca dan lain-lain. Jadi hal-hal tersebut perlu anda lakukan jika ingin memaksimalkan artikel anda. Oke sekian dulu artikel pada kali ini, semoga apa yang anda baca di sini bermanfaat buat anda.

Seseorang yang ingin mencari pengalaman dengan menulis artikel serta senang berbagi pengetahuan kepada sesama, Salam hangat gan

20 komentar

Betul sekali mas semua yang dijelaskan diatas sudah saya lakukan kecuali nomer5.

wih ternyata secara ga sadar saya memperaktekan semuanya:D

terima kasih ,,sangat membantu sekali gan,, bagus artikelnya :)

sama-sama gan, semoga bermanfaat

wah bagus gan, lebih ditingkatkan lagi, tetap semangat

tambahan gan, langsung lakukan backlink hehe

jangan lupa di cek di copyscape :D

wah ane ngga pernah ngasih label, newbie abis ane.

iya gan, tetapi kalau artikelnya dirasa ori buatan sendiri menurut saya tidak perlu, oke bagus juga masukannya

belajar lagi gan, tetap semangat walaupun masih newbie

yeay ane uda lakuin semua, memang bener sih tips agan :D nice artikel by the way :D

ok. terima kasih atas kunjungannya gan,,

hanya submit ke webmaster yang jarang dilakukan. terima kasih pengetahuannya gan

tapi aku baca - baca katanya kalau sesudah dipublikasikan jangan langsung diubah dahulu kalimat di artikel kita. Karena setiap hari perasaan kita berubah - ubah terus.

wah makasih ya gan, sangat membantu

yang no 5 kayaknya kurang bagus untuk situs, tapi gak tahu juga, itu sih firasat saya. karena visitor organik lah yang cepat mendapat peringkat google. terimakasih

Submit ke Bing yg blum saya lakukan nihh...

Awal dari viewrsnya sosmed dulu gan supaya mudah dpt posisi di SE

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.
EmoticonEmoticon